Rabu, 12 Mei 2010

tips&trik merawat PC

Debu yang menempel di dalam komputer adalah suatu hal yang biasa dan wajar, tapi macam-macam akibat yang bisa ditimbulkan oleh debu yang nempel, contohnya cd/dvdrom kadang jadi susah baca, tiupan angin dari fan jadi kurang, temperatur jadi lebih tinggi. Hal ini otomatis akan mengurangi usia dari komputer maupun komponen lainnya.
Kadang-kadang niat yang baik belum tentu hasilnya baik, kalau kita nggak tahu caranya (Niatnya mau bersihkan tapi karena nggak tahu caranya akhirnya malah merusak)
Nah, Buat para Chipers tolong donk share di sini pengalamannya dalam hal merawat komputer beserta isinya supaya tetap berfungsi normal dan awet. Terutama dalam hal bagaimana cara membersihkan dengan benar dari debu yang nempel di setiap komponen komputer, seperti casing, mainboard, cd/dvdrom, keyboard, mouse, fan, monitor, printer, dll. Hal ini pasti bermanfaat buat kita semua. OK.
Sorry, kalau thread yang seperti ini sudah ada (udah di search tapi gak ketemu),dan sorry juga kalau salah tempat.
Pengalamanku sendiri :
Motherboard
Awalnya sebulan sekali aku bersihkan mobo pakai penghisap debu (vacuum cleaner) tapi kok rasanya masih kurang OK / kurang bersih, karena di rumah punya kompressor aku coba tiup pakai kompressor, tapi rasanya juga masih ada debu yang nempel, akhirnya aku nekat pakai cara ini :
1. Cabut semua kabel-kabel yang nempel di luar komputer (kabel listrik, printer, mouse, keyboard, dll.)
2. Buka casing, dan cabut semua kabel yang nempel di dalam komputer (kabel power, data, fan, dll. Kalau masih ada)
3. Bongkar semua yang nempel di slot ekspansi (Vga card, sound card, modem, dll.)
4. Buka dan keluarkan mobo dari dalam casing
5. Lepaskan processor, memory, chipset heatsink dan baterai dari mobo (melakukan ini harus extra hati-hati, salah-salah bisa merusak mobo)
6. Siapkan air pada baskom plastik persegi (cukup untuk mobo) tuangkan detergen secukupnya
7. Rendam mobo 30-60 menit
8. Untuk bagian-bagian tertentu bisa menggunakan sikat yang bulunya agak panjang (bukan sikat gigi karena bulunya terlalu pendek, dan mengerjakan ini juga harus extra hati-hati)
9. Bilas dengan air bersih
10. Nomor 8 dan 9 bisa dilakukan berulang kali hingga mobo benar-benar bersih dan kinclong
11. Tiup mobo menggunakan kompressor / pompa terutama pada bagian-bagian yang sempit /tertutup (celah-celah slot ekspansi, slot memori, lubang sound, lan, dll) supaya sisa air yang ada di mobo sedikit / tidak ada
12. Jemur Mobo di bawah matahari hingga benar-benar kering
13. Pasang kembali apa yang kita buka dari mobo seperti processor, memory, chipset heatsink (jangan lupa thermal paste) dan baterai.
14. Pasang kembali mobo ke dalam casing dan seterusnya hingga,
15. Selesai. (jangan lupa BIOS harus di setting ulang)
Heatsink
Untuk heatsink kalau menggunakan cara di atas kadang kurang bersih, hal ini disebabkan bulu sikat kurang panjang untuk mencapai dasar celah-celah yang ada.
Untuk membersihkan heatsink cukup dicelupkan ke dalam cairan pembersih porselen seperti Vixal (sorry nyebut merk) ada juga yang bilang bisa pakai cairan HCL/air keras (belum nyobain) lalu bilas dengan air.
Cara-cara di atas masih aku gunakan sampai sekarang 2 – 3 bulan sekali dan nggak pernah bermasalah, mudah-mudahan pengalamanku ini bermanfaat untuk chipers yang lain.
Sekedar informasi : Ternyata minyak kayu putih cukup efektif untuk membersihkan macam-macam noda.
sekali lagi untuk chipers yang lain, kalau ada pengalaman / cara yang lain atau cara merawat komponen lainnya, bisa donk tambahin dan bagi-bagi ilmunya di sini.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 ruben288. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogspot Templates From Wordpress by Wpthemesfree